TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Majukan Pertanian Indonesia !!!
Hello guys... Tau kan diatas gambar apa? nah, kali ini Nyompu.com akan membahas seputar dunia Pertanian, terkhusus mengenai Teknologi Pertanian... apa itu Teknologi Pertanian? kita sebagai warga negara agaris yang 70% masyarakatnya berprofesi di bidang Pertanian harus tau mengenai Pertanian di Indonesia.... Oleh karena itu, Cekidottttt!!!!



TEKNOLOGI “PENGOLAHAN“ HASIL  PERTANIAN
Pengertian
•Teknologi yang pada intinya adalah, teknologi merupakan sistem keterampilan untuk menghasilkan benda.
•Atau dapat pula dikatakan bahwa teknologi merupakan kegiatan yang berulang untuk menghasilkan benda yang berguna bagi masyarakat luas
•Pengolahan merupakan keterangan atau penegasan bagaimana cara benda itu dihasilkan.
•Untuki tu kata pengolahan perlu dijelaskan lebih dahulu.
PENGOLAHAN
Pengolahan dalam bahasa Inggris dipadankan dengan processing, dan berdasarkan kamus The Lexicon Webster Dicitionary( 1976 ), artinya kata kerja tersebut mengandung pengertian:to treat, or to prepare, to convert as an agricultrura lcommodity into marketable form by some special treatment.
•Jadi kalaubagian kalimat tersebut diterjemahkan secara bebas maka: pengolahan merupakan kegiatan yang mengubah bahan hasil pertanian dalam arti luas menjadi produk yang  dapat dipasarkan melalui perlakuan khusus.
MENGUBAH
•Yang dimaksud dengan kata“ mengubah“ (mentransformasi, mengkonversi) adalah bahwa bahan yang bersangkutan tidak harus selalu dikaitkan dengan perubahan struktur fisik bahan yang bersangkutan.
•Sebagai contoh adalah daun tembakau yang ketika dipanen berwarna hijau maka setelah diolah dengan cara menggantungkannya satu per satu didalam bangunan pengering danselanjutnya dikeringkan dengan udara yang dipanaskan maka akan berubah menjadi berwarna kecoklatan sedangkan struktur daun tetap utuh termasuk bentuk dan ukurannya.
•Produk olahan yang berupa tembakau kering dinamakan tembakau krosok
PERLAKUAN KHUSUS
•Istilah perlakuan khusus adalah kegiatan yang memperlakukan (to treat) bahan hasil pertanian secara : kimia, atau biokimiawi, atau fisik, atau mekanis, atau mikrobiologik, dan atau enzimatik , atau gabungan dari cara-cara atau proses tersebut di atas.
•Perlu diingat bahwa istilah proses bukan hanya kimia sajamelainkan bisa berarti perlakuan-perlakuan yang disebutkan di atas
PRODUK DAPAT DIPASARKAN
•Produk(olahan) yang dihasilkan dari pengolahan bahan harus“ dapat dipasarkan“ mengandung arti dan maksud bahwa produk yang bersangkutan baik harga maupun mutunya dapat dijangkau oleh pasar sehingga laku dipasaran, atau olahan yang dimaksud bersifat kompetitif dalam harga dan mutu.
•Harga dan mutu yang kompetitif diperoleh jika pengubahan bahan yang bersangkutan berlangsung secara efektif dan efisien.
•Taraf pencapaian pengubahan yang demikian hanya bisa terjadi bila pengelolaan atau manajemen pengubahan mengikuti kaidah dan aturan-aturan kelola usaha secara tertib dan berkelanjutan
Teknologi Pengolahan
Kata pengolahan merupakan kata dibelakang teknologi yang berarti pengolahan merupakan penjelasan dari kata depannya. Jadi jika mengikuti kaidah D(iterangkan) - M(enerangkan) maka Teknologi pengolahan adalah teknologi dibidang pengolahan dan jika pernyataan itu diperpanjang maka: Teknologi pengolahan adalah rangkaian kegiatan yang berulang yang menghasilkan benda melalui pengubahan (preparasi,konversi dan transformasi)menjadi produk yang dapat dipasarkan melalui perlakuan khusus
Teknologi Pengolahan beberapa komoditi
•Komoditi Perkebunan

nah, guys, kali ini ane menyediakan Komoditi yang paling bersinar dan berjaya dan juga terbesar di indonesia di Indonesia... tau apa? iya tepat sekali, Kelapa Sawit..... 
Kelapa sawit (Elaeis quinensisJack.)
•Buah-buah kelapa sawi tterdapat dalam satu tangkai yang secara keseluruhan dinamakan tandah buah kelapa sawit (TBS/tandan buah segar)
•Pengolahan TBS dipusatkan pada ekstraksi minyak pada daging buah dan inti buahnya.
•Hasil Olah TBS adalah CPO dan produk turunannya(stearin,olein,margarin,sabun,deterjen,dll.)
Tandan Buah Segar (TBS) (gambar .doc)


 Okehh, sekian dulu ulasan mengenai Pertanian dari ane yaaa, kalo mau tau lebih benyak mengenai TEKNOLOGI PERTANIAN atau seputar dunia kelapa Sawit, silahakan tanya aja dengan Admin Ari... kebetulan sekarang sedang berkuliah di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ...
nih Contactnya >> FB : Ari Betrandu, Twitter : @IamABV, BBM : 5A8D4808, Line : ari.betrandu
Sekian yaaaaa... :)