Earth Hour

    Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk mencintai bumi. Mudah pula. Beberapa di antaranya dengan berhemat listrik, energi, dan mengurangi penggunaan listrik.

   Mengenai dengan berhemat listrik, energi, dan mengurangi penggunaan listrik, ada satu acara khusus yaitu
Earth Hour. Earth Hour merupakan sebuah kampanye global guna menganjak semua penduduk bumi baik individu, komunitas, pelaku bisnis, maupun pemerintah kota untuk bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim. Utamanya, kampanye earth hour mengajak kita untuk menghemat listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam.
    Logo Earth Hour. Logo earth hour berupa angka 60 dengan ilustrasi permukaan bumi dan latar belakang hitam. Sejak penyelenggaraan tahun 2011 ditambahkan tanda plus (+) di belakang angka 60. Angka 60 pada logo ini mempunyai arti 60 menit fokus pada tindakan mengurangi emisi CO2. Tanda “+” berarti kegiatan earth hour tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, namun diikuti dengan perubahan gaya hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

Lebih lanjutnya silahkan ke website Earth Hour Indonesia di http://earthhour.wwf.or.id/

   Menjelang pelaksanaan earth hour tersebut kita pun dapat melakukan berbagai hal untuk mendukung suksesnya kampanye Earth Hour. Berikut adalah beberapa cara untuk mendukung Earth Hour.
Bagi Pengguna Facebook. Dengan menggunakan akun facebook, kita bisa ikut mendukung demi suksesnya kampanye earth hour dengan:
  • Bergabung dengan halaman Earth Hour Global (www.facebook.com/earthhour) atau Earth Hour Indonesia (www.facebook.com/EHIndonesia). Rekomendasikan halaman tersebut kepada teman-teman facebook.
  • Mengganti foto profil dengan logo earth hour
  • Memasang / mengganti sampul kronologi dengan gambar-gambar bertemakan earth hour
  • Update status tentang earth hour
  • Membuat dokumen atau catatan tentang earth hour
  • memasang tautan info atau berita tentang earth hour dari blog, koran online, atau situs lainnya.
  • Unggah logo atau gambar-gambar tentang earth hour dan tag lah teman sebanyak-banyaknya.
  • Kalau ada teman yang menanyakan tentang earth hour berikan penjelasan dengan jelas atau berikan tautan ke dokumen atau situs yang menjelaskan tentang itu.
    Penampakan FB ane, add ya (www.facebook.com/seltines)
    Bagi Pengguna Twitter. Dengan memanfaatkan microblogging twitter kita bisa mendukung follower untuk berpartisipasi dalam earth hour.


    • Following twitter Earth Hour global (@earthhour), Earth Hour Indonesia (@EHindonesia), earth hour masing-masing kota seperti @EHAceh, @EHBalikpapan, @EHBanjarmasin, @EHBekasi, @Ehbdg, @EHBogor, @Ehdepok, @EHDenpasar, @EH_Gresik, @EHmakasar, @EHPonorogo, @EHPontianak, @EHsemarang, @EHSidoarjo, @EHTangerang, dll.
    • Mengganti foto profil, membuat status, me-retweet, me-reply info dan diskuai tentang earth hour.

       Mendukung dengan Blog. Blog pun akan efektif untuk mendukung kampanye earth hour baik dengan membuat tulisan tentang earh hour, pengalaman atau persiapan mengikuti earth hour, berita-berita dan aktifitas tentang kampanye earth hour, maupun foto dan gambar terkait kampanye penghematan listrik tersebut.

    Sebagai contoh, beberapa tulisan yang telah terbit antara lain:


    Jika masih tidak sempat membuat artikel, kalau mau, silakan copy paste tulisan-tulisan di blog saya yang bertemakan earth hour. Saya ikhlas artikel-artikel tersebut dicopy paste selama (paling tidak) menyebutkan NyOmPu sebagai asal/sumber tulisan. Apalagi jika berkenan memberikan taut balik (back link).

    Berbagai cara mendukung earth hour itu dapat dilaksanakan sesering mungkin dengan tujuan mengajak semua pihak agar pada Sabtu, 31 Maret 2012 nanti ikut berpartisipasi dengan mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya selama 1 jam mulai pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

    Dan harus diingat, dibelakang angka 60 dalam logo earth hour terdapat tanda ‘plus’. Artinya, langkah penghematan listrik tidak terhenti pada pukul 21.30 saja, namun hendaknya diikuti dengan perubahan gaya hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

    DIINGAT BAIK-BAIK YA...
     Sabtu, 31 Maret 2012
    20.30-21.30


    Ini aksiku! Mana aksimu?.

0 komentar: