Mengantisipasi pengangguran, pilihlah jurusan kuliah yang langka dan menjanjikan masa depan cerah berikut !

Tidak ada yang bercita-cita menjadi pengangguran. Nah, oleh sebab itu Nyompu telah menyajikan jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan jumlah  pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang.
Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, pertambahan jumlah  pengangguran tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia. Selain itu, pertambahan jumlah pengangguran tersebut juga dikarenakan pilihan pelajar di Indonesia memilih jurusan kurang beragam. Mereka hanya memilih jurusan yang familiar-familiar saja.
Agar tidak salah langkah, berikut adalah jurusan yang langka dan menjanjikan masa depan yang cerah versi Nyompu :
1.      Teknik Nuklir
Program studi Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Subyek pembelajaran bidang teknik ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Teknik Nuklir juga dipergunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran seperti radioterapi dan radiodiagnosis. Program studi ini memiliki dua peminatan yaitu Teknologi Reaktor Nuklir dan Teknologi Proses Reaktor.
Kabarnya lulusan program studi Teknik Nuklir ini bakal punya penghasilan fantastis. Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan yang perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya. Pada bidang kedokteran, sebagai peneliti, dan pengajar juga bisa. Namun belum banyak lulusan Teknik Nuklir yang di cetak untuk memenuhi kebutuhan akan expert di bidang nuklir.
Berdasarkan penelusuran Nyompu, jurusan Teknik Nuklir untuk program S1 hanya ada di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
2.      Pendidikan Dokter
Walaupun jurusan ini bukan termasuk jurusan yang langka lagi, namun peluangnya sangat bagus. Prospek Pendidikan Dokter pastinya adalah menjadikan kamu seorang dokter yang handal dan dapat mengabdikan diri bagi lingkungan sekitarnya. Setelah mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di berbagai klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship. Atau kamu dapat meneruskan pendidikan dekter spesialis.
3.      Teknik Perminyakan
 Program studi Teknik Perminyakan mempelajari ilmu tentang eksplorasi, eksploitasi sumber daya alam. Bedanya terletak pada objeknya. Jika Teknik Pertambangan mempelajari tantang penambangan mineral padat, maka Teknik Perminyakan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Aspek yang dipelajari antara lain adalah teknik reservoir, pengeboran, produksi, hingga manajemen perekonomian minyak dan gas migas. Program studi Teknik Perminyakan menjadi salah satu program studi paling banyak diincar karena para lulusannya dipercaya akan punya prospek karir yang luar biasa. Lulusannya bakal jadi “tukang minyak” dengan penghasilan ratusan ribu dolar, karena nggak dipungkiri kalau sumber daya yang satu ini adalah aset yang mahal. Para lulusannya dapat berkarir di berbagai perusahaan sektor migas nasional dan internasional seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total dan sebagainya, atau bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), SKK Migas,. Dunia perbankan dan asuransi ternyata juga membutuhkan lulusan Teknik Perminyakan sebagai tenaga analis resiko terhadap kredit/klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas.
Jurusan ini baru ada di 11 universitas di Indonesia.
4.      Teknik Metalurgi
Jurusan ini tentu sedikit asing ditelinga kita. Teknik Metalurgi mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, para mahasiswa akan memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari. Program studi Teknik Metalurgi memang kalah populer jika dibandingkan dengan teknik pertambangan dan perminyakan, teknik sipil, atau teknik industri. Meski begitu, para insinyur metalurgi sangat dibutuhkan saat ini. Selain ekstraksi logam, metalurgi juga mempelajari produksi logam.
Peluang berkarier di bidang ini cukup bagus walaupun membutuhkan keahlian yang spesifik. Tidak banyak orang bisa dengan mudah menguasai bidang metalurgi walaupun banyak industri yang membutuhkan profesi ini. Beberapa industri yang memerlukan tenaga metalurgi adalah otomotif, pertambangan, elektronik, transportasi, penerbangan, bahkan semen dan pupuk.
5.      Teknik Perkapalan
Jurusan ini juga tidak begitu popular namun peluangnya sangat bagus. Dengan komitmen pemerintah untuk memajukan jalur laut, maka prospek profesi lulusan teknik perkapalan cukup bagus. Meskipun ilmu yang didapatkan dari jurusan ini sangat spesifik, ada banyak bidang yang bisa ia masuki. Beberapa di antaranya adalah pembangunan kapal baru, pemeliharaan dan reparasi kapal, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi peralatan lepas pantai, industri komponen, jasa konsultasi dan rekayasa.
6.      Pilot
Jurusan ini sangat menjanjikan masa depan yang cerah. Selain itu status social pun akan meningkat, karena sangat sedikit orang yang bisa menjadi pilot.
7.      Teknik Geologi dan Teknik Geofisika

Bidang studi geologi dan geofisika mengharuskan kita bersinggungan dengan struktur bentang bumi dan berbagai material penyusunnya. Meski mempelajari hal yang spesifik, ternyata pilihan karier kedua bidang itu cukup luas. Kedua jurusan ini termasuk jurusan yang sangat bagus dari segi karier maupun gajinya.

Universitas Amikom Yogyakarta