Review Rumah Inggris Jogja : Pare van Jogja

Hi guys! How are you today? 

Kalian pada tau nggak di Jogja itu udah ada yang namanya Rumah Inggris Jogja (RIJ) lho...
katanya sih pembelajarannya mirip-mirip sama Kampung Inggris yang ada di Pare gitu.

Berhubungan saya belum pernah ikutan kursus yang ada di Pare jadi pada postingan kali ini gak ada yang namanya banding-membandingkan ya... Murni review dari saya yang baru-baru ini jadi "Alumni" RIJ.
Teman-teman B class

Pada liburan panjang saya tahun ini, saya memutuskan untuk cari kursusan bahasa inggris untuk menghindari "Unfaedah Holiday", dan setelah cari-cari info gitu saya akhirnya sampai pada websitenya Rumah Inggris Jogja dan daftar via Whatsapp.

Ada 2 Jenis kelas yang disediain oleh pihak RIJ yaitu, kelas Reguler sama kelas Fullday.
Kelas Reguler itu kayak kursusan-kursusan biasa gitu, cuma 1 kali pertemuan/hari, kalo yang Fullday ya udah pada tau kan dari namanya aja ketahuan tuh Fullday, jadi kalian akan belajar dari pagi jam 8 sampai sore sekitar jam 5 gitu (sekitar 4 kelas), tapi tenang aja belajarnya itu seru kok gak kayak kuliah yang kaku banget, mentor-mentornya juga ada beberapa yang masih kuliah loh, seru banget malah.
Kelas Fullday ini jangka waktunya ada yang cuma 2 minggu, ada juga yang 1 bulan, dan juga ada yang 3 bulan. Tempat tinggal juga disediakan gratis dari pihak RIJ, jadi kalo ada yang dari luar jogja gak perlu ribet cari-cari penginapan lagi, pokoke muantep lah!
Berhubung hari libur saya sisa sedikit, saya memilih ikut kelas Fullday 2 minggu.

Nah, pada hari pertama datang saya naik gojek dari kontrakan ke RIJ dengan tas besar berisi baju-baju dan alat mandi saya. Yup! Saya memilih untuk nge-camp di RIJ, karena saya pikir kita yang ingin lancar berbahasa inggris ini butuh lingkungan-lingkungan berbahasa inggris juga, apalagi banyak juga teman-teman yang masih baru juga seperti kita jadi kalo emang masih kaku, yang lain juga sama kok, jadi aman-aman aja sih.

Teman sekelas kita itu umurnya campur-campur ya guys, ada yang baru lulus SMA sampe bapak-bapak umur 40-an juga ada, trus kemampuan awal berbahasa inggris juga beda-beda, ada yang memang mulai dari 0 banget, ada juga yang udah lumayan tapi blum lancar, tapi TENANGG! kita diajarkan mulai dari 0 lagi kok, jadi gak perlu khawatirr... pembelajarannya pun seru guys! Belajar serasa bermain hehe...

Ada 1 kegiatan yang menurut saya paling seru dari kursusan ini guys, yaitu hunting-bule! Yup! Kalian bakal diajak jalan-jalan ketempat-tempat wisata yang banyak bulenya trus kalian dibagi kelompok 5-7 orang untuk cari bule untuk diajakin ngobrol gitu, dan itu seru bangett! Bikin ketagihan hehe... bahkan sampai sekarang kalo saya ketemu bule pun sering saya ajak ngobrol gitu, padahal dulunya saya kalo ketemu bule saya takut banget mau ajak mereka ngobrol.
Hunting-bule di Keraton Yogyakarta

Pada malam terakhir nanti akan ada farewell party sekaligus pembagian sertifikat bukti bahwa kita alumni dari RIJ, dan ada keuntungannya nih guys kalo udah jadi alumni yaitu, kita bisa ikut kelas Reguler yang biayanya bisa sampai 300-500rb dengan harga spesial cuma 10rb aja, dan boleh mengulang sampai kita ngerasa udah bisa.
farewell party di Riverside, Yogyakarta.

Efek yang kerasa banget setelah 2 minggu saya ikut kursus itu, saya jadi lebih berani untuk ngomong bahasa inggris, walaupun grammar saya masih blum bagus at least i can communicate well with people.
Gitu juga sama Listening-nya guys, rasanya meningkat banget.
Untuk waktu 2 minggu menurut saya peningkatan itu udah bagus banget, bayangin buat yang ambil kelas fullday 3 bulan. wow.

Jadi, kesimpulannya RIJ ini menurut saya bagus banget, trus untuk kalian yang dari luar jogja, kalo mau sekalian liburan bisa datang ke RIJ, karena selain belajar kalian juga bakalan diajakin jalan-jalan, dan yang paling penting kalian bakal dapat teman-teman baru dari seluruh Indonesia. (y) :)

Yerri Bonyu Canno
Universitas Amikom

0 komentar: